Apa Yang Dimaksud Dengan Nilai Dasar Pancasila?

Pancasila adalah ideologi negara dan dasar negara Indonesia, artinya setiap penyelenggaraan negara harus didasarkan pada Pancasila terutama dalam hal membuat peraturan-peraturan perundang-undangan.

Peraturan perundang-undangan di Indonesia memiliki tata urutan yang didasarkan pada tingkat kekuatannya, UUD 1945 sebagai konstitusi tertinggi dan dibawahnya ada Undang Undang dan Peraturan Pemerintah.

Nah peraturan-peraturan yang dihasilkan dalam UUD 1945 ini disebut sebagai nilai instrumental atau sebuah nilai yang merupakan penjabaran dari nilai-nilai dasar pada Pancasila.

Apa yang dimaksud dengan nilai dasar pancasila?
Nilai dasar pancasila adalah nilai-nilai inti yang terkandung didalam sila-sila Pancasila, dan sifatnya tetap atau tidak dapat di rubah. Nilai-nilai ini masih bersifat abstrak, sehingga perlu dijabarkan dalam nilai-nilai instrumental dalam bentuk aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku.

Pancasila
Pancasila

Nilai Dasar Pancasila 

Sesuai dengan jumlah silanya, nilai-nilai dasar Pancasila berjumlah 5 yaitu : 
1. Nilai Ketuhanan : Maksudnya Indonesia mempercayai Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan pencipta seluruh alam semesta. Selain itu juga menandakan bahwa Indonesia adalah negara yang religius, bukan negara atheis. Baca juga : Arti Nilai Ketuhanan Pada Pancasila

2. Nilai Kemanusian : Maksudnya Indonesia sangat menghargai hakekat manusia yang memiliki hak-hak dasar yang melekat pada manusia (HAM). Dalam hal ini juga diakui bahwa manusia pada dasarnya memiliki derajat yang sama, di Indonesia setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di depan hukum.

3. Nilai Persatuan : Maksudnya bahwa Indonesia menjunjung tinggi adanya persatuan dan kesatuan, persatuan dan kesatuan ini menjadi kekuatan kita bersama.

4. Nilai Kerakyatan : Maksudnya Indonesia menganut sistem demokrasi, sebuah pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Penyelenggaraan negara harus dikelola oleh rakyat dan semuanya juga untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

5. Nilai Keadilan : Maksudnya Indonesia sangat menjunjunt tinggi nilai-nilai keadilan, karena keadilan inilah tercipta kesejahteraan di rakyat Indonesia.

Setiap nilai memiliki nilai-nilai moral yang dapat kita terapkan dalam keseharian kita, selengkapnya dapat membaca artikel kami yang berjudul : Nilai Dasar Pancasila dan Contoh Penerapannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Singkat Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka